September 17, 2021

Persembahkan Single “Kesaksian”, JKSN ft. RA5PUTIN Berdakwah meriahkan Ramadhan

PALU, RYNDO.TV – Setelah sekian lama vakum, Grup Musik lokal kota Palu RA5PUTIN bersama Joksin, merilis single terbaru jelang Ramadan dengan judul “kesaksian”, Sabtu (10/4/2021) di Palu.

Selaku vokalis, Joksin mengaku sangat senang bisa terlibat dalam proyek ini, apalagi berkolaborasi dengan Grup Band RA5PUTIN, band ternama di Palu pada era 90an, bergenre Metal Underground.

“Bertemu dengan mereka (Ra5putin) adalah jalan yang diberikan Tuhan untuk menyampaikan dakwah tentang kebaikan lewat metode musik, saya sangat senang bisa bekerjasama dengan mereka.” kata Joksin.

Bertajuk “Kesaksian”, lagu yang dirilis saat Ramadan memiliki nilai sangat kuat, dimana liriknya diambil dari beberapa pengalaman keimanan dan spiritual yang Ia alami.

“Ada lantunan Kalimat Tauhid dalam lirik lagu ini. Kami mengagungkan nama Tuhan dan berdakwah tentang kebaikan dengan cara kita melalui musik rock.” tutur Joksin.

Menurutnya, selama ini banyak yang mengidentikkan musik Rock maupun penggemarnya adalah perihal yang kurang baik. Orang-orang hanya melihat dari sisi penampilannya saja. Padahal musik rock itu penggemarnya tidak sedikit, menyampaikan dakwah tentang kebaikan pasti tersampaikan.

Joksin menambahkan bahwa cerita dari lirik lagu tersebut adalah merupakan pengalaman teman-teman Jamaah Tabliq saat berdakwah, sering terabaikan, dihina, dicaci maki, bahkan dijauhi seperti halnya Nabi Muhammad saat berdakwah juga banyak melewati berbagai tantangan. Melalui lirik ini, mereka hendak menyampaikan pesan dan lantunan tauhid dalam lagu, hal ini merupakan perintah yang mampu mendamaikan.

https://www.youtube.com/watch?v=GIG3Jedjl8Q

Dalam proses produksi, Jokisn yang menamai dirinya JKSN dan RA5PUTIN Band, dibantu oleh produser Arman Aco dibawah naungan Sangumanagement. Arman Aco inilah yang membuat konsep ide cerita dalam proses pembuatan video klip.

Arman Aco atau yang lebih dikenal dengan sapaan Aco ini mengungkapkan dirinya bersama Joksin dan personil RA5PUTIN sangat bergembira karena lagu ini dibuat spesial untuk menyambut bulan ramadan, bulan yang penuh berkah.

Menurut dia, proses produksi lagu “Kesaksian” ini hanya memakan waktu tujuh hari sejak dari proses recording hingga lagu ini dirilis pada Sabtu 10 April 2021 malam.

“Sebenarnya yang membuat konsep ide cerita dalam video klip ini adalah om Arman, saya hanya menerjemahkan ide cerita lagu itu dari komunikasi dengan om Arman dan kita diskusikan bersama dengan yang lainnya. Jadi kami tidak membuatnya sendiri-sendiri. Semuanya dikerjakan bersama sehingga tidak ada yang rumit kami kerjakan,” tutur Kuku, sapaan akrab sang Sutradara Video Klip.

Aco kembali menambahkan, target ke depan Ia berharap single “Kesaksian” ini bisa diterima oleh penggemarnya dan bisa memantik semangat para musisi yang ada di Kota Palu untuk terus berkarya meskipun saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

Tentang Ra5putin

Ibenk selaku gitaris mengungkapkan RA5PUTIN terbentuk diakhir tahun 90an saat itu musik rock mengalami banyak perkembangan. Sehingga dibentuklah satu band yang beraliran Metal underground dengan ciri khas kostum dan topeng.

“Semenjak RA5PUTIN ini terbentuk, arahnya musiknya memang beraliran metal dan sampai sekarang pun masih tetap sama,” jelasnya.

Tahun 2003, kata dia, RA5PUTIN mulai membuat karya sendri dengan modal sendiri buat recording. Kemudian memasarkan karya itu lewat jalur independen

“Semuanya dikerjakan secara manual termasuk covernya yang prosesnya masih disablon,” kisahnya.
Joksin atau JKSN dan Personil RA5PUTIN berharap Pemerintah Kota Palu dapat mendukung musisi-musisi di Palu untuk terus melahirkan karya terbaik. Salah satunya menyediakan satu Gedung Seni yang layak yang bisa dijadikan tempat para musisi untuk membuat karya-karya terbaik.PIN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *