September 17, 2021

Musisi Asal Sulteng di Jakarta, Rilis Single Religi

JAKARTA, RYNDO.TV  – Kumpulan Musisi asal Sulawesi Tengah yang berada di Jakarta merilis singel religi pertama mereka bertajuk “Yaa Rahman”.

Lirik Lagu tersebut ditulis oleh motivator Muchlis Anwar dan menggandeng Sandy Canester, musisi terkenal yang banyak melahirkan karya persembahan penyanyi papan atas termasuk lagu-lagu religi Opick.

“Seminggu sebelum puasa kami kumpul-kumpul dirumah kanda Abdul Kadir Karding, waktu itu kita ditantang membuat lagu religi. Pulang rumah saya merasa tertantang membuat lirik dan malam itu juga lirik ini selesai, lalu saya kirimkan sama Umar,” kata Muchlis bersama rekan rekannya dari Palu Musician Community (PMC) di studio Mon Man Rawabelong Jakarta Barat pada Rabu (28/4/2021).

Umar yang mendapat kiriman lirik lagu butuh waktu sehari untuk mempelajari lirik lagu.

“Liriknya saya baca ulang ulang, merinding saya. Butuh waktu satu hari baru saya mulai bisa membuat notasi lagu, lalu berpikir alat music apa yang pas agar lirik lagu yang dalam ini pesannya bisa sampai lewat harmoni music nantinya,” jelas Umar.

Menurut Umar, ada hal yang menarik dari proses masuknya shalawat di tengah lagu.

“Waktu kita kumpul rumah kanda Abdul Kadir Karding itu dekat masjid. Saat shalawat berkumandang dari masjid kanda Abdul Kadir Karding bilang masukkan itu di lagu kalian. Telingaku bilang nada minor kayaknya itu, mau dibuat bagaimana ini ? Sandy Canester lalu kasih masukkan sampai akhirnya musiknya jadi seperti yang kita rekam sekarang,” ungkap Umar.

Setelah notasi musiknya rampung, Umar kemudian menghubungi Iwan Barlian untuk menyanyikannya. Bagi Iwan, kiriman lagu ini dianggap hanya untuk dipakai sebagai penuntun bagi rekan rekannya yang nanti akan membawakan lagu ini.

“Saya merekamnya hanya untuk didengar sebagai guidance saja buat yang nanti menyanyikannya,’ aku Iwan.

Namun bagi rekan-rekan PMC yang terlibat dalam pembuatan lagu, vokal Iwan dianggap paling pas membawakan lagu tersebut. Padahal dirinya selama ini dikenal sebagai Metallica-nya Indonesia. Jadilah Iwan didaulat menjadi vokalis utama yang menyanyikan lagu ini dari awal hingga akhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *