September 17, 2021

KPU & Bawaslu : Sesuai Amar Putusan MK

MORUT, RYNDO.TV – Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Kabupaten Morowali Utara berlangsung aman dan lancar. PSU dilaksanakan di 4 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Dilansir dari situs resmi KPU RI, Anggota KPU Hasyim Asy’ari yang ikut melakukan monitoring mengatakan,  pelaksanaan PSU tersebut berjalan lancar sesuai dengan amar putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

“Alhamdulillah berjalan lancar. Dan bisa disaksikan PSU di TPS Peboa dilaksanakan dengan protokol Covid-19,” ungkapnya.

Anggota KPU RI Hasyim Asy’ari melakukan monitoring PSU di TPS Peboa didampingi Ketua dan Anggota KPU Provinsi Sulawesi Tengah serta Ketua dan Anggota KPU Kabupaten Morowali Utara.

Terkait amar putusan MK, menurut Hasyim, data pemilih sudah sesuai. Begitu juga untuk kategori khusus di TPS PT Agro Nusa Abadi (ANA), yang hasil putusan mahkamahnya, hanya diikuti oleh karyawan yang memiliki hak pilih.

“Khusus di PT ANA yang dapat menggunakan hak pilih khususnya karyawan PT ANA, juga terdiri dua jenis apa sudah terdaftar dalam DPT atau belum, sepanjang memenuhi syarat PSU dan belum memilih pada 9 Desember itu yang diberi kesempatan,” tambahnya.

Ditempat yang sama, Anggota Bawaslu RI, Ratna Dewi Pettalolo memberikan apresiasi positif pada penyelenggaraan PSU di Kabupaten Morowali Utara, menurutnya secara umum penyelenggaraan PSU berjalan lancar, hanya sedikit temuan masalah itupun dapat diselesaikan.

“Misalnya masalah yang muncul di Rayon II PT ANA ada pemilih yang sudah resign tapi hadir untuk memilih, tapi karena putusan MK mengatakan harus karyawan, tentu kami nyatakan tidak lagi memenuhi syarat,” ungkap Dewi yang turut hadir memonitoring pelaksanaan PSU di TPS 01 Desa Peboa.*/SID

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *