September 17, 2021

Hari Bangga Buatan Indonesia, Ajang Dukung Produk Lokal

JAKARTA, RYNDO.TV – Pemerintah dan komunitas penyelenggara e-dagang atau e-commerce menyepakati tanggal 5 Mei sebagai Hari Bangga Buatan Indonesia sebagai wujud keberpihakan terhadap produk dalam negeri. Pemerintah juga menyediakan subsidi ongkos kirim gratis bagi konsumen yang melakukan belanja daring dari tanggal 5 s.d. 13 Mei 2021.

Menteri Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) Johnny G. Plate menyatakan penetapan HBBI menjadi wujud keberpihakan Pemerintah dan ekosistem digital atas hasil karya kreatif anak bangsa, terutama pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), apalagi bertepatan dilaksanakan di Bulan Suci Ramadhan ini diharapkan dapat memberikan banyak berkah di sektor e-dagang Indonesia.

“Dengan adanya Hari Bangga Buatan Indonesia atau HBBI, pengguna e-commerce diharapkan lebih memilih produk dalam negeri daripada produk luar negeri. Kita harapkan tentu dalam tahapannya nanti, kita akan mengisi pasar-pasar internasional,” harapnya.

Menurut Johnny semua pihak untuk meningkatkan konsumsi atas produk dalam negeri dengan memanfaatkan momentum HBBI. Karena kekuatan perekonomian nasional diawali dari produksi, distribusi, dan konsumsi dalam negeri sendiri.

Oleh karena itu, di era pandemi Covid-19 ini, Johnny mengajak masyarakat untuk mengoptimalkan hasil karya anak bangsa dengan memanfaatkan seluruh infrastruktur hulu atau upstream dari teknologi informasi.

“Kominfo terus melakukan percepatan transformasi digital melalui peningkatan infrastruktur internet di seluruh wilayah Indonesia. Kementerian Kominfo juga mendorong agar semakin banyak pelaku UMKM masuk ke dalam platform digital. Kita harapkan tentu kolaborasi tanpa henti untuk negeri menuju Indonesia Semakin Digital, Semakin Maju, Semakin Bangga Buatan Indonesia, bangga karya anak bangsa sendiri,” tandasnya.

Penetapan 5 Mei sebagai HBBI tertuang dalam Kesepakatan Bersama Kementerian Perdagangan, Kementerian Kominfo dan Asosiasi e-Commerce Indonesia (idEA).

Penandatanganan kesepakatan bersama tersebut dalam rangka memberikan dukungan yang kuat dari pemerintah, kementerian dan lembaga, serta pelaku usaha khususnya platform e-Commerce akan semangat bersama terkait dengan produk-produk hasil karya anak-anak bangsa, bangga buatan Indonesia.

Sesuai kesepakatan bersama itu, Menteri Johnny menyatakan Kementerian Kominfo  melaksanakan tugas diseminasi informasi menyangkut Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GNBBI). “Karenanya tentu, saya minta kerjasama tidak saja lembaga-lembaga penyiaran (media pers), namun juga platform-platform e-Commerce untuk menyediakan porsi yang cukup bagi pusat promosi dan literasi, aktivitas besar nasional Indonesia di sektor, yaitu promosi akan Bangga Buatan Indonesia, membeli, menggunakan dan bangga akan barang yang kita beli sendiri,” ungkapnya.*/SID

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *